Home Ads

17.6.17

Kiat Sederhana Agar Selalu Termotivasi




Perkembangan teknologi membawa dampak yang signifikan untuk masyarakat. Baik dari segi gaya hidup maupun perkembangan psikologis. Semua yang serba cepat di satu sisi memudahkan kehidupan tetapi di sisi lain membawa dampak negatif. Disadari atau tidak, mental manusia yang bekerja keras dan pantang menyerah kian tergerus oleh kebiasaan menerima yang serba instan.

Dampaknya, banyak orang harus diberikan stimulus dari luar. Untuk menjawab kebutuhan ini, banyak lahir motivator. Tidak ada yang salah menyemangati diri dengan mengikuti seminar motivasi. Namun, motivasi dari luar cenderung memiliki efek yang singkat. Untuk itu, sebaiknya orang harus mampu memotivasi dirinya sendiri.

Pentingnya motivasi ini juga tidak dapat dimungkiri. Kasus bunuh diri banyak terjadi karena tidak ada motivasi untuk hidup. Jika untuk bernafas saja dibutuhkan motivasi, apalagi untuk menggapai kesuksesan yang tidak mudah diperoleh.

Sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar kita selalu termotivasi seperti yang diuraikan di dalam buku ini.

Tindakan berawal dari niat. Agar bisa memiliki motivasi yag kuat, orang haruslah memiliki niat yang tepat dan konkret. Tepat, artinya niat harus berasal dari diri sendiri, otentik bukan sekadar ikut-ikutan. Jika mau merenung secara jujur, maka pasti seseorang akan menemukan niat yang betul-betul murni. Hal tersebut nantinya akan memberikan daya dorong yang besar dan kuat.

Sedangkan konkret, maksudnya niat atau gol yang ingin dicapai tidak perlu terlalu banyak, sedikit tetapi bisa dijalankan itu lebih baik. Jangan sampai niat tersebut seperti kembang api yang hanya menyala sebentar saja melainkan harus terus-menerus bersinar agar selalu memberikan suntikan semangat.

Selanjutnya adalah menciptakan antusiasme. Bangun di saat yang tepat dengan membangunkan juga seluruh tubuh, fisik maupun rohani. Waktu tersebut adalah di pagi hari karena durasi itu menentukan untuk sehari penuh (halaman 12-14).

Seperti yang dikatakan oleh seorang tokoh Josemaria Escrivam “Taklukanlah dirimu mulai sejak awal kegiatan setiap hari, bangunlah tepat pada waktu yang telah ditentukan tanpa sekejap pun memberi kesempatan untuk bermalas-malasan. Apabila dengan bantuan Tuhan engkau mampu menaklukan dirimu sendiri pada saat-saat demikian, niscaya banyak yang dapat engkau selesaikan sepanjang hari itu. Betapa melemahkan semangat bila mendapatkan dirimu sudah terkalahkan pada menit-menit awal pertempuran itu” (halaman 15-16).

Membangunkan tubuh tidak berarti langsung mandi. Sebaliknya, ketika bangun sebaiknya  tenangkan diri dulu dan mengucap syukur pada Tuhan seraya berdoa untuk kebaikan dan rahmat di hari itu. Setelahnya, lemaskan otot tubuh dengan berolahraga ringan selama sepuluh sampai lima belas menit. Barulah menyegarkan badan dengan mandi.

Mental dan pikiran juga bisa dijernihkan saat itu. Tersenyum dengan menatap cermin sambil meyakinkan diri untuk menjalani hari dengan penuh antusias. Periode ini bisa digunakan untuk memikirkan apa saja kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Jangan lupa untuk bersyukur dengan mengisi waktu lewat hal-hal yang bermanfaat.

Ketika motivasi telah diperoleh maka jangan pernah menunda. Menunda adalah lambang dari kegagalan dan kekalahan. Apa yang telah direncanakan pun tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Tidak akan pernah ada kondisi ideal untuk meraih kesuksesan. Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mengeksekusi apa yang telah diniatkan.

Selain beberapa tip praktis di atas, dalam buku ini juga diuraikan poin-poin menarik untuk menggapai motivasi diri dan kesuksesan hidup. Setiap bab dijabarkan dengan bahasa sederhana sehingga mudah diikuti. Pembahasan dibagi ke dalam 30 topik diantaranya Lakukan Perubahan Secara Bertahap, Kerja Keras Tidak Sama dengan Sukses, Refleksikan hidup, Merangkul Masa Lalu dan Meraih Masa Depan.

Pada bagian penutup, disinggung bagaimana pembaca bisa memelihara motivasi seperti anak kecil. Mereka selalu semangat bermain. Yang dikejar bukanlah hasil semata, tetapi lebih pada keceriaan dan kegembiraan bermain. Mereka tidak memperumit masalah justru menyederhanakannya. Jika kita bisa melakukan hal itu, niscaya hidup ini akan selalu dijalani dengan motivasi tinggi dan menyenangkan. 

Identitas Buku

Judul : Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu
Pengarang : Theo Riyanto, FIC
Halaman : 209 halaman
Cetakan : 2016
Penerbit: Kanisius
ISBN : 978-979-21-4425-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang teman tinggalkan sangat berharga bagi saya. Terima kasih telah berkunjung dan berkenan meninggalkan jejak ^ ^

FlatBook

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *